Senin, 16 Juli 2012

Apa sich puasa itu...???

    Syifa'.com, wah sebentar lagi puasa nich? Pasti sering mendengar kalimat tersebut menjelang bulan ramadhan. Entah itu dari keluarga teman, tetangga, atau bahkan waktu kita di tempat umum. Sebenarnya apa sih pengertian puasa itu? kita bahas di sini secara ringkas dan jelas.

      Arti Puasa
Puasa menurut bahasaberarti menahan diri dari sesuatu. Dalam al-qur'an disebutkan dalam Surah Maryam Ayat 26
26. maka makan, minum dengan bersenang hatilah kamu. jika kamu melihat seorang manusia , maka katakanlah :"Sesungguhnya aku telah bernazar untuk berpuasa untuk Tuhan Yang Maha pemuurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini.

Pengertian puasa mengikuti istilah hukum syara' pula adalah: " menahan diri dari perkara-perkara yang tertentu oleh orang-orang tertentu pada waktu-waktu yang tertentu dengan beberapa syarat".

Maksud dari perkara-perkara tertentu adalah: makan, minum dan melakukan hubungan badan ( jimak) serta perkara- perkara yang membatalkan puasa.

Orang-orang tertentu adalah : orang-orang yang menganut agama islam, telah cukup umur dan berakal.

Sementara pada waktu-waktu tertentu itu pula berarti sepanjang hari, yaitu mulai terbit fajar sidik hingga terbenam matahari ( masuk waktu magrib)


** catatan:
Fajar Sidik ialah cahaya putih yang bersinar di ufuk atau di kaki langit di sebelah timur, pada kali yang kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar